CHEF 2021: Inovasi Makanan dan Minuman Rendah Kalori untuk Mewujudkan Kewirausahaan yang Adaptif dan Kreatif

Pada Sabtu (20/11/2021), Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Universitas Katolik Parahyangan (HMPSTK UNPAR) mengadakan Chemical Engineering’s Festival 2021 (CHEF 2021) secara daring. Kegiatan tahunan kali ini mengangkat tema “Inovasi Makanan dan Minuman Rendah Kalori untuk Mewujudkan Kewirausahaan yang Adaptif dan Kreatif”. Dilansir dari The Conversation, “Hasil survei McKinsey menunjukkan selama pandemi sebagian besar masyarakat Indonesia lebih menghabiskan waktunya untuk kegiatan seperti menonton serta menggunakan media sosial yang merupakan gaya hidup sedentary yang dapat menimbulkan penyakit metabolik seperti obesitas”[1]. Dosen Politeknik Kesehatan Denpasar, Jurusan Gizi Ni Made Yuni Gumala mengatakan bahwa “dengan gaya hidup sedentary yang sekarang terjadi di Indonesia dan masih akan menjadi tren selama 5 tahun ke depan, ia memprediksi bahwa angka penderita obesitas akan meningkat”[2]. Oleh karena itu, sebuah inovasi makanan dan minuman yang rendah kalori serta memiliki nilai gizi yang baik diperlukan sebagai asupan bagi tubuh kita agar dapat meminimalisir risiko obesitas.

Terdapat dua kegiatan utama dalam CHEF 2021, yaitu lomba Business Plan dan Virtual Festival. Lomba Business Plan diikuti sebanyak 16 kelompok di mana terpilih 10 kelompok terbaik untuk menjadi finalis dalam presentasi final. Kegiatan ini mengundang 3 juri sebagai penilai dalam presentasi finalis, diantaranya Ir. Dudy Arfian, M.Si. selaku Project Management Expert PT. Great Giant Pineapple, Liliane Melissa selaku Product Manager PT. Lemonilo Indonesia Sehat, dan Noviane Gunawan selaku Finance Operation Senior Manager PT. Lemonilo Indonesia Sehat. Presentasi final ditujukan untuk 3 pemenang yang dapat mempresentasikan hasil karya Business Plan mereka yang terbaik.

Dari hasil penilaian ketiga juri, juara 1 Chemical Engineering’s Festival 2021 dimenangkan oleh kelompok Your Healthy dengan produk Tagigota. Juara 2 dimenangkan oleh kelompok Sotis dengan produk Meltea, dan juara 3 oleh kelompok Edelweise dengan produk Gelato Racal. Selain juara 1, 2 ,dan 3, CHEF 2021 juga mengangkat penghargaan bagi inovasi produk terbaik yang berhasil dimenangkan oleh tim Amfoodter. Tambahan penghargaan lainnya untuk pembicara terbaik saat presentasi produk yang dimenangkan oleh Your Healthy.

Virtual Festival merupakan pameran untuk memperkenalkan inovasi produk dari sembilan kelompok finalis dan menentukan juara favorit yang mana didapatkan dari jumlah vote terbanyak. Terdapat sebanyak 1.122 pengunjung yang menghadiri acara Virtual Festival ini. Virtual festival dilaksanakan melalui platform Artstep.com. Dalam Virtual Festival, selain terdapat pameran hasil inovasi produk dari sembilan kelompok finalis, terdapat juga mini games di mana tersebar 3 logo “DELISH” yang tersembunyi di sekitar arena Virtual Festival. Mini games Virtual Festival CHEF 2021 berhasil menarik perhatian para pengunjung, terbukti dengan waktu kurang dari 6 jam pemenang dari mini games ini sudah didapatkan.

Dengan terlaksananya lomba Business Plan dan Virtual Festival ini, maka berakhir juga rangkaian acara keseluruhan dari pre-event hingga event CHEF 2021, diharapkan seluruh rangkaian acara CHEF 2021 dapat menjadi wadah bagi generasi muda untuk mengasah kemampuan untuk lebih kreatif dan inovatif melalui perancangan Business Plan dalam menjalankan bisnis dan menjadi wirausaha. (Felicia, ed.: ARA, JNS)


  1. Krisdianto, Bobi Febri. 2020. Bahaya ‘bom waktu’ di balik PSBB Covid-19: mengapa penyakit kronis mungkin naik setelah krisis kesehatan. Bahaya ‘bom waktu’ di balik PSBB COVID-19: mengapa penyakit kronis mungkin naik setelah krisis kesehatan (theconversation.com). Diakses pada tanggal 26 Agustus pukul 13.08 WIB.
  2. Pranishita, Ayu Khania. 2020. Ahli gizi: Waspada potensi obesitas saat pandemi COVID-19. Ahli gizi : Waspadai potensi obesitas saat pandemi COVID-19 – ANTARA News. Diakses pada tanggal 25 Agustus pukul 14.10 WIB.